• Ilmu Al-Qur an : Pintu Surga dan Neraka



    Allah Ta’ala berfirman:
    وَسِيقَ الَّذِينَ كَفَرُوا إِلَى جَهَنَّمَ زُمَرًا حَتَّى إِذَا جَاءُوهَا فُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا أَلَمْ يَأْتِكُمْ رُسُلٌ مِنْكُمْ يَتْلُونَ عَلَيْكُمْ آيَاتِ رَبِّكُمْ وَيُنْذِرُونَكُمْ لِقَاءَ يَوْمِكُمْ هَذَا قَالُوا بَلَى وَلَكِنْ حَقَّتْ كَلِمَةُ الْعَذَابِ عَلَى الْكَافِرِينَ
    Orang-orang kafir dibawa ke neraka Jahanam berombong-rombongan. Sehingga apabila mereka sampai ke neraka itu dibukakanlah pintu-pintunya dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: “Apakah belum pernah datang kepadamu rasul-rasul di antaramu yang membacakan kepadamu ayat-ayat Tuhanmu dan memperingatkan kepadamu akan pertemuan dengan hari ini?” Mereka menjawab: “Benar (telah datang)”. Tetapi telah pasti berlaku ketetapan azab terhadap orang-orang yang kafir. (az Zumar 71)
    وَسِيقَ الَّذِينَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ إِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا حَتَّى إِذَا جَاءُوهَا وَفُتِحَتْ أَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلَامٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوهَا خَالِدِينَ
    Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya dibawa ke dalam surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: “Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya”. (az-Zumar 73)
    Dalam menyifati neraka Allah Ta’ala menggunakan kata “futihat abwabuha” sedangkan dalam menyifati surga Dia menggunakan kata “wa futihat abwabuha”.
    Wawu dalam ayat 73 tersebut merupakan wawu ziyadah (wawu tambahan ) atau ia sebagai wawu tsamaniyyah (delapan) karena pintu-pintu surga itu berjumlah atau wawu haal. Artinya “Mereka mendatangi pintu-pintu tersebut sedang pintunya telah terbuka sebelum mereka datang ”. berbeda dengan pintu-pintu neraka, yang dibuka ketika mereka datang. Rahasia dibalik itu adalah agar orang-orang yang bertaqwa segera memperoleh kebahagiaan dan kesenangan ketika mereka menyaksikan pintu-pintu surga telah terbuka.
    Yang jelas hikmah pada penambahan wawu adalah pintu-pintu surga telah siap dan terbuka untuk orang-orang yang beriman sebagai penghormatan bagi mereka.
    Sedangkan para penghuni neraka akan dibukakan pintu-pintu neraka ketika mereka tepat berada didepan pintu-pintu tersebut. yang demikian itu supaya mereka lebih terrhina dan tersiksa.
  • 0 comments:

    Post a Comment

    Powered by Blogger.