• Semburan Pasir Saudi Arabia


    Fenomena alam aneh yang baru-baru ini terjadi di negeri padang pasir Saudi Arabia adalah semburan pasir yang di negeri asalnya dikenal dengan fenomena "naafuurah min ar roml". Semburan pasir tersebut terjadi di kota Al-Ahsae, bagian timur Arab Saudi. Semburan pasir yang mencapai tinggi 9 meter ini juga menimbulkan perdebatan di forum-forum di luar negeri.
    Kalangan religius berpendapat bahwa fenomena tersebut sudah dijelaskan dalam Al-Quran. Yaitu dalam QS Az Zalzalah 2, yang berbunyi:
    وَأَخْرَجَتِ الْأَرْضُ أَثْقَالَهَا
    "Dan (ketika) bumi mengeluarkan astqool nya".
    Kata "asqool" dalam beberapa tafsir dipahami sebagai mayat-mayat yang terpendam di dalamnya, tapi dalam beberapa tafsir kontemporer kata ini juga dipahami sebagai barang-barang yang terpendam di dalamnya.
    Sedangkan kalangan ilmiah menanggapi semburan pasir di Arab itu sebagai akibat adanya kebocoran pada pipa gas, sehingga meletup dan menekan pasir tersebut hingga terjadi semburan yang besar. Sebagaimana kita ketahui, minyak bumi juga mengandung deposit gas alam dengan tekanan yang sangat kuat. Jika ada tanah yang retak, gas alam di dalamnya akan meletup dan menekan pasir-pasir di atasnya sehingga terjadi semburan pasir yang besar. Hal ini berdasarkan pendapat bahwa lokasi fenomena aneh ini dipercaya berdekatan dengan kilang minyak besar.
    Wallahu A'lam
  • 0 comments:

    Post a Comment

    Powered by Blogger.